Saturday, October 29, 2011

contoh drama

MENGEJAR MIMPI
Ada 2 orang bersaudara yang sudah yatim piatu. Mereka hidup kurang berkecukupan, Novi memiliki bakat dalam menyanyi tetapi kakaknya tidak mendukung Novi untuk menjadi seorang penyanyi kakaknya punya trauma dengan dunia musik, ia menginginkan agar adiknya serius dalam pelajaran agar kelak menjadi orang sukses dan dapat mengubah nasibnya.
Suatu pagi, (sebelum berangkat kesekolah) kakak menanyakan tentang pelajaran Novi disekolah
Kakak : Novi, bagaimana sekolahmu?
Novi : Lumayanlah kak..
Kakak : lumayan bagaimana??lumayan hancur..! kakak gak mau lihat kalau nilai kamu anjlok pokoknya kamu harus menjadi juara kelas. Tidak ada kegiatan selain belajar.
Novi : iya kak
Kakak : yach udah cepat sana ke sekolah entar kamu terlambat.
Novi bergegas ke sekolah. Sesampainya di Sekolah dia bertemu dengan sahabatnya.
Alicia : Hai, nov..!
Novi : Hai juga
Alicia : sepulang sekolah ini kamu ada waktu nggak..??
Novi : Emang mau ke mana…??
Alicia : Kita kerja Tugas bareng yach..
Novi : Boleh ajha, tapi kamu beri alasan kepada kakakku agar aku diisinkann
Alicia : Ok, bisa diatur
Tiba-tiba Yola dan Gisela datang menghampiri mereka
Yola : Wah,, wah,,, ! Orang miskin pada ngumpul nie..
Gisela : Kompak juga yach mereka.
Bel pulangpun berbunyi para siswa kembali ke rumahnya masing-masing.
Novi : Assalamu Alaikum
Kakak : Walaikum salam
Novi : Kak, nanti aku ada kerja kelompok di rumah teman.
Kakak : Kerja kelompok??Kamu pasti mau pergi keluyuran, Udahlah nggak boleh.Pokoknya kamu harus belajar di rumah
Tiba-tiba terdengar suara ketukan pintu,Novi membuka pintu dan ternyata Alicia datang
Novi : kak, itu temanku datang dan kakak Tanya saja sama dia
Kakak : Mau ke mana…??(berjalan menghampiri Alicia)
Aliia : Ini kak ada tugas kelompok bahasa Indonesia
Kakak :Ooohh........ kalau begitu jangan pulang malam yach…
Novi : Ok kak
Akhirnya mereka pergi ke rumah Alicia. Mereka mengerjakan tugasnya bersama-sama. Tanpa sengaja Novi melihat gitar di sudut lemari di rumah Alicia
Novi : Lic, kamu bisa main gitar yach..??
Alicia : nggak, itu gitar sepupu aku, memang kamu bisa..??
Novi : Dikit-dikit juga bisa (Mengambil gitar itu dan segera memainkannya)
Alicia : Wah, ternyata kamu ahli juga
Akhirnya tugas mereka selesai dan Novi kembali ke rumahnya. Keesokan paginya Novi bergegas ke sekolah dan di sekolah dia bertemu dengan Alicia. Alicia mendapat berita tentang akan diadakannya Ajang musik bergensi dan memberitahukannya kepada Novi.
Alicia : Nov, dengar-dengar ada lomba menyanyi dan hadiahnya lumayan lho. Bisa kamu pakai untuk mencukupi kebutuhanmu.
Novi : Tapi..?
Alicia : Alah, gak usah tapi-tapian. Pokoknya aku akan support kamu dan lagian bakat kamu harus dikembangkan
Novi : Okelah…
Yola dan Gisela datang menghampiri mereka. Yola juga berniat mengikuti lomba tersebut
Yola : Hello..??kamu masih waras gak..??Masa orang kayak kamu mau ikut lomba besar seperti itu. Kamu punya cermin gak di rumah..??
Gisela : Eh, mungkin dia mau membuat malu dirinya sendiri, (Tertawa mengejek)
Alicia : Eh, jaga bicara kalian
Novi : Sudahlah, emang bener kok kata dia
Gisela : nyadar juga
Yola dan Gisela bergegas meninggalkan mereka
Alicia : jangan menyerah, itu hanya sedikit gigitan di hati kamu.
Novi : ok, tapi masalahnya.. kakak aku pasti gak setuju aku mengikuti lomba itu????
Alicia : begini ?? kamu ikuti saja lomba itu tanpa sepengetahuan kakak kamu.
Novi : oklah semoga bisa lancar
Bel pulang pun berbunyi dan mereka pulang ke rumahnya masing-masing. Di rumah kakak novi membaca Koran dan melihat info akan diadakanya Ajang musik bergensi tersebut.
Novi : lagi baca apa kak ???
Kakak : ini ada lomba menyanyi.emang kenapa??? Kamu urus aja tuch peljaran kamu..
Novi : iya kak
Keesokan harinya di sekolah novi bertemu dengan Gisela dan yola.
Gisela : yola.. ada orang miskin yang mau ikut lomba tuch….
Yola : (tertawa) bagaikan manjat hujan
Gisela : pasti juaranya kamu yola
Yola : pastinya, akukan bisa latihan di tempat latihan vocal termahal. Jadi aku pasti menang. Gak kayak dia mau makan aja susah
Novi masuk ke kelas dan bertemu dengan Alicia
Novi : lic, gimana nih ??? aku kan mau ikuti lomba menyanyi tapi aku nggak pernah latihan.
Alicia : gimana klo sepulang sekolah nanti kita ke rumahku untuk latihan. Lagian dirumahku kan ada gitar
Tiba-tiab ola dan Gisela datang menghampiri mereka.
Yola : lho mau latihan kayak gimana pun, kamu gak bakalan juara
Gisela : (tertawa)
Alice :eh....jaga bicara kalian , jelas-jelas suara Novi lebih bagus dari pada kamu...
Gisela : hellooo......bagusan suara Yola , dia itu punya suara kaya Ayu Ting-ting.
Novi :sudalah lic kita pulang aja , ,,!
Sepualang sekolah Novi dan Alicia bergegas ke rumah Alicia untuk memulai latihan
Novi : (mengambil gitar dan memulai latihan)
Alicia : Kayaknya nadanya terlalu tinggi
Novi : Melanjutkan latihan dan mengikuti instruksi Alicia
Alicia : Kamu bawa ajha gitar ini ke rumahmu
Novi : Makasih banyak yach
Novi membawa gitar itu pulang ke rumahnya dan sampinya di rumah, dia bertemu dengan kakaknya
Kakak : Kamu darimana…??
Novi : Dari rumah teman
Kakak : Kok bawa gitar..??atau jangan-jangan kamu dari keluyuran saja yach. Jadi ini alasan kamu untuk membohongi kakak. Kakak gak mau tau pokoknya gitar ini tidak boleh dibawa masuk ke rumah ini.
Novi : Ia besok akan ku kembalikan kepada temanku
Di sisi lain, Yola terus latihan ditemani oleh Gisela
Gisela : Yol. Pokoknya kamu harus menang. Mau ditaruh dimana muka kita kalau kamu kalah.
Yola : Tenang saja, kita mulai latihannya saja yuk
Gisela : Yuk..
Yola : Mulai latihan
Gisela : apa-apaan sih, suara kamu kuarng semangat semangat ! low begini nda mungkin kamu jadi juara. Bisa-bisa Novi yang jadi juara.
Yola : ya uda yuk kita mulai latihan lagi.....
Akhirnya Yola selesai latihan sedangkan Novi, ia memulai latihannya pada pukul 12 malam karena ia takut ketahuan oleh kakaknya. Ia pergi ke samping rumahnya dan memulai latihan.
Kakak : (Terbangun ). Siapa yang memainkan gitar selarut ini..??Ah, masa bodoh…. Tapi kedengarannya indah sekali ( sambil melanjutkan tidurnya)
Novi : ( selesai latihan)
Keesokan paginya kaka bertanya kepada novi tentang suara gitar yang ia dengar pada larut malam kemarin
Kakak : nov kamu dengar suara gitar kemarin malam nggak???
Novi : (berbohong) gak tuch.. mungkin kakak mimpi kali…..
Kakak :ohh,, kira’in kamu dengar.
Terdengar suara ketuk pintu dan novi membukakannya. Ternyata itu adalah Alicia.
Alicia : (berbisik) lombanya di mulai nanti malam…
Novi : gimana nich…??? Kakak aku ngizinin nggak yach..
Tiba-tiba kakak novi menyahut
Kakak : nov ntar malam kamu jaga rumah yach.. soalnya kakak mau keluar… ada acara
Novi : iya kak.. lic kesempatan nich???(berbisik)
Alicia : klo nanti kakamu udah pergi kita juga pergi dech ke lomba itu…
Pada malamnya kakak pergi meninggalkan novi
Kakak : jangan kemana-mana yach… pkoknya kamu harus belajar di rumah !!! awas klo mencoba keluar
Novi : iya kak
Setelah kakak pergi. Novi pun bersiap-siap ke lomba itu. Dan beberapa menit kemudian Alicia datang.
Alicia : ayo cepat, lombanya mau di mulai…
Novi : iya.. ayo
Mereka bergegas ke acara lomba itu. Dia bertemu dengan yola dan Gisela
Yola : kamu mau buat penonton pada lari??
Gisela : iya.. apa kamu mau membuat kaau acara ini…( tertawa)
Alicia : udah.. jangan didengar
Novi : iya
Yola menghampiri juri lomba dan ia memberikan amplop yang berisi uang kepada juri itu agar yola menjadi juara.
Yola : ini uang untukmu ??? tapi kamu harus jadikan aku juara
Juri : ok
Lombanya pun dimulai dan yang tampil pertama adalah yola
Mc :Selamat malam Penonton kita bertemu lagi dalam acara musik bergensi ini yang akan melahirkan bintang baru. Dan untuk penampilan pertama kita sambut Yolaaaaaaaaa....!
Yola : (memulai menyanyi)
Semua orang bertepuk tangan dan Gisela mengejek novi. Akhirnya yola selesai tampil dan penampilan selanjutnya adalah novi
Mc : itulah tadi penampilan Yola, kita beri A plus, dan untuk penampilan selanjutnya kita sambut Noviiiiii.......
Ketika Novi mau naik panggung ia melihat kakaknya jugaber ada pada acara itu. Novi memberitahukannya pada Alicia.
Novi :gimana nich ?? kakakku ternyata ada juga disini….
Alicia : ( berpikir ) gini aja kamu pake ini agar kamu tidak terlihat jelas oleh kakakmu ( sambil memberikan switer kepada novi)
Novi : thanks ya
Novi kemudian naik ke panggung dan memulai menyanyi.
Semua orang bertepuk tangan dengan riuhnya. Juri pada lomba tidak bisa menyembunyikan kekagumannya pada penampilan novi. Ia member nilai yang tinggi pada novi dan melupakan sogokan yang diberikan yola.
Akhirnya para kontestan telah tampil dan tiba saat pengumuman juara
Mc : itulah tadi penampilan para kontestan. Dan tiba saat yang di tuggu-tunggu yaitu pengumuman juara. Juara pada lomba ini jatuh kepada......
Novi : (tegang)
Alicia : santai aja . panampilan kamu perfect kok
Mc :Novi.......kepada juara dipersilahkan naik ke panggung untuk menerima hadiah.
Yola kesal dan memprotes juri
Yola : saya kan sudah bayar anda, knapa bukan saya yang jadi juara.
Juri : maaf saya tidak bisa karena Novi memang mempunyai penampilan yang memukau ( sambil mengembalikan amplop)
Pada penerimaan hadiah kakak melihat novi di panggung itu dan ia langsung menghampiri novi.
Kakak : ternyata itu tadi kamu??? Kakak kecewa sama kamu. Kamu gak bisa menjaga amanat kakak dan kakak kan udah pernah bilang kalo kamu gak boleh ikutan acara kayak gini….
Novi : maafkan saya kak
Alicia : kak. Bukannya saya mau ikut campur tapi memang bakat yang dimiliki itu harus dikembangkan .Dan novi memang pantas menjadi juara
Kakak :ya sudah kalo begitu, jika meman itu bakatmu kakak minta maaf atas semua perlakuan kakak kepadamu selama ini.
Akhirnya kakak memaafkan novi dan sekarang ia mendukung potensi yang dimiliki oleh novi.


Pesan, kejarlah mimpimu walau seribu rintangan menghadapi, dan kembangkanlah bakat yang kamu miliki , karena itu yang terbaik untukmu.

1 komentar:

  1. drama ini sangat menginspirasi kita untuk meraih cita-cita dalam mengembangkan sebuah bakat..

    ReplyDelete

komentar anda sangat berharga