Friday, March 16, 2012

contoh resensi isi buku: Mahir Menulis Puisi


Puisi adalah senitertulis dimana bahasa yang digunakan untuk estetiknya, untuk tambahan atau selain arti semantiknya. Beberapa ahli modern memiliki pendekatan dengan mendefenisikan puisi tidak sebagai jenis literature tapi sebagai perwujudab imajinasi manusia, yang menjadi sumber segala kreativitas.

Puisi juga merupakan aktivitas yang bersifat pencurahan jiwa yang padat, bersifat sugestif dan asosiatif. Untuk mengapresiasi puisi kita harus mengenal hal-hal yang membangun sebuah puisi yaitu tema, nada, suasana, perasaan, serta amanat dari puisi. Pemahamn tentang puisi bias berlainan dari setiap orang. Hal itu tergantung pada seberapa jauh pembaca bias mengerti isi puisi secara keseluruhan. Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan nilai-nilai yang terkan dung dalam puisi.

Selanjutnya penyair juga harus memperhatikan bangun struktur, larik,bait,rima,irama dan tipografi dalm puisi. Indonesia memiliki sastrawan dan penyair terkenal dari generasi ke generasi. Para penyair terus bereksperimen dalam menuturkan puisi, selain penyair, pembaca pun berperan dalm pemaknaan puisi. Disinal letak keindahan puisi karena kedudukan penyair dan pembaca dalm mengapresiasi  puisi adalah setara.

http://muhnoviyanto.co.ccBuku yang berjudul “ Mahir Menulis Puisi” yang diterbitkan oleh Sketsa Aksara Lalitya ini menyajikan langkah kreatif menulis puisi. Sebelumnya itu, penulis juga mengemukakan defenisi puisi dari beberapa ahli. Namun, sampai sekarang tidak ada satupun defenisi yang memuaskan semua kalangan. Selanjutnya penulis menjelaskan kiat dan unsure yang terdapat dalam puisi.
Melalui buku ini, penulis memberitahukan kepada kita kiat-kiat untuk mahir menulis puisi sehingga layak untuk dibaca oleh siapapun.

1.    1.    Identitas buku
Judul buku : Mahir Menulis Puisi
Pengarang/penulis : Aminuddin
Penerbit : sketsa aksara lalitya
Jumla alamn 60 halaman

2.    2.   Jumlah bab: 6 bab
Pokok pikiran 1 : defenisi puisi dari berbagai kalangan
Pokok pikiran2  :  mengapresiasi puisi
Pokok pikiran3  : ungkapan, peribahasa, dan gaya bahasa dalam puisi
Pokok pikiran4  : unsure-unsur puisi
Pokok pikiran5  : memahami makna puisi
Pokok pikiran6  : langkah-langkah kreatif menulis dan mendeklamasikan puisi
3.      
Ringkasan Isi Buku
a.       Defenisi puisi
Puisi adalah senitertulis dimana bahasa yang digunakan untuk estetiknya, untuk tambahan atau selain arti semantiknya. Sampai  sekarang tidak ada satupun defenisi yang memuaskan semua kalangan karena puisi selalu berubah-ubah sesuai selera dan perubahan konsep estetiknya.

b.      Mengapresiasi puisi
Mengapresiasi puisi adalah kepekaan batin teradap nilai karya sastra sehingga seseorang mengenal, memahami, menafsirkan, menghayati dan menikmati puisi  tsb.

c.       Memahami makna puisi
Kita dapat mengidentifikasi makna puisi dari nilai-nilai yang terdapat pada puisi. Sebelum memahami puiisi kita dapat menentukan unsurnya terlebih dahulu yaitu:
1.       Tema
2.       Subject matter
3.       Feeling
4.       Tone


4.       Komentar tehadap isi buku
Buku ini sangat baik untuk dibaca oleh siapapun karena berisi tentang pengenalan puisi sampai dengan langkah kreatif menulis puisi dan mendeklamasikan puisi.


0 komentar

Post a Comment

komentar anda sangat berharga