Tuesday, March 20, 2012

penamatan/perpisahan: ungkapan kasih siswa yang ditinggalkan


Assalamualaikum Wr.Wb
Puji syukur alhamdulillah, ungkapan kesucian dan keagungan kita panjatkan kepada rab yang maha agung, maha suci Allah sebagai refleksi kesyukuran kita, atas rahmat yang telah dianugrahkan kepada kita. Begitu pula shalawat dan taslim kita peruntukkan pada nabi kita Muhammad SAW, yang merupakan suri tauladan bagi kita semua.

                Suatu hal yang menjadi sunnatullah yakni pertemuan dan perpisahan. Satu lagi masa telah berlalu, menyertai kehidupan yang terus bergulir sebagai mana yang telah ditetapkan Allah. Suka dan duka, tangis dan tawa, sedih dan bahagia, datang silih berganti mewarnai perjalanan hidup kita.

Gurunda yang telah terkasih serta kakak-kakakku yang tersayang...
                Tiga tahun yang silam, kakak menapakkan kaki di SMA 1 Liliriaja dengan penuh keluguhan dan kepolosan. Disinilah kakak menggantungkanasa dan impin sebagai bekal unutk merambah masa depan yang penuh gejolak dan tantangan, dibawah bimbingan, didikan, dan asuhan dari para gurunda yang mulia.
                kakak........! sebelum melangkahkan kaki meninggalkan tempat yang penuh kenangan ini, kami adik-adikmu mempersembahkan sederet kata-kata sederhana yang berisi ungkapan sayang, harapan, pesan, dan lantunan doa.
                Kakak...... pesan kami  ! bila kemudian hari kakak telah menjadi orang sukses, jangan sekali-kali melupakan guru kita yang telah membimbing, mengasuh dan mendidik kakak tanpa mengenal lelah dan bermandikan peluh bahkan diakhir shalatnya pun kakak didoakan menjadi orang yang sukses. Karena tanpa jerih payah beliau, mustahil kakak bisa meraih keberhasilan ini. Dan .... terkhusus lagi... janganlah menyepelekan jasa kedua orang tua kakak yang telah mengorbankan apa saja demi keberhasilan kakak. Ingatlah hadis rasulullah yang artinya “Ridho Allah tergantung pada keridhoan orang tua, murka allah tergantung kepada kemurkaan orang tua”. Ketahuilah, guru adalah pengganti orang tua tatkala kakak berada di sekolah. Jadi... kalau kakak tidak ingin celaka dunia akhirat, maka janganlahn melupakan jasa dari orang yang telah meneteskan keringat dan air mata demi keberhasilan kakak. Jangan sampai kakak terkena pepatah “bagai kacang yang lupa akan kulitnya”.

Hadirin yang kami hormati dan kakak-kakakku yang tercinta.
                Adapunharapan kami kepada kakak, semoga segala impian, harapan, dan cita-cita kakak bisa terwujud. Mudah-mudahan setiap ayunan langkah kakak mendapat keridhoan Allah SWT , sehingga keberhasilan senantiasa menyertai kakak. Perjalanan kakak masih panjang ibarat orang mendaki gunung, kakak baru sementara menanjak. Masih banyak jurang penghalang, batu cadas sandungan, dan belukar tantangan yang siap merintangi dan menghalangi perjalanan kakak. Untuk sampai pada padang keberhasilan, lanjutkanlah pendakian kakak dalam mencari ilmu sebagai bekal di masa depan. Pandai-pandailah membawa diri jagalah citra sekolah kita. Usahakan orang berkata, “Itulah alumni SMAN 1 Liliriaja, jangan sampai orang mengatakan “Begitukah alumni SMAN 1 Liliriaja”. Sekiranya kakak belum bisa menjadi garam penyedap rasa, maka janganlah menjadi lalat penyebar penyakit.

Hadirin yang berbahagia dan kakak-kakakku yang tersayang
                Akhirnya, adik hanya bisa melepaskan kakak dengan seuntai lantunan doa, “Semoga Allah senantisa menunjuki kakak jalan yang lurus, bukan jalan yang dimurkai oleh Allah.
                 Demikian ungkapan kasih kami, mohon diamaafkan dimaafkan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


3 komentar:

  1. gan linknya udah tak pasang,cek ya,salam kenal
    http://gedeawansambangan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. gan,link ane belum dipasang ya?saya tunggu ya

    ReplyDelete

komentar anda sangat berharga