Saturday, May 12, 2012

drama: mama, mengertilah aku

kali ini saya kembali mengepos artikel drama yang baru saja saya pentaskan kemarin di sekolah.Semoga dapat bermanfaat. let's look !!!!



Dengan bangga mempersembahkan sebuah drama yang kami angkat dari realitas yang  sering terjadi dikehidupan nyata :
·         Asti Astari sebagai Sutradara
·         Gita Wulandari berperan sebagai Mawar ( anak dari Ayutitin )
·         Mu’awinatul Rahma berperan sebagai Ayutitin ( ibu dari Mawar )
·         Muhammad Novianto berperan sebagai Marwan
·         Andi Nurlindah berperan sebagai Kimmy
·         Lili Melianda berperan sebagai Afika
·         Nurrahmy Yunus berperan sebagai Christy
·         Hikmah Lestari berperan sebagai Cherly
                           
Mungkin benar adanya bahwa kasih seorang ibu tak terhingga, seorang ibu akan melakukan apa saja untuk melindungi anaknya. Begitupun dengan mama Cecilia yang begitu cinta terhadap anaknya Mawar. Karena kasih dan cintanya kepada Mawar, Mama Cecilia berusaha melindungi mawar dengan caranya yang membatasi pergaulan dan mengurusi segala hal yang ada pada Mawar , dan tanpa sadar Mawar pun merasa tertekan dengan segala aturan dari mamanya.
Mawar              : Assalamualaikum Maa....
Ayutitin            : Kok telat pulangnya, abis dari mana aja....?? Jangan bilang kamu keluyuran lagi... ini nih yang mama paling ga suka.
Mawar              : Mama tau nggak sih, udah sejam saya nunggu mobil tapi mobilnya nggak datang-datang juga makanya saya telat pulang....
Ayu titin           : Pinter banget yah kamu cari alasan buat bohongi mama, kamu pikir mama ini udah tua, makanya kamu seenaknya bohongi mama begitu aja ? bilang aja, kalau kamu dari tadi hanya keluyuran !
Mawar              : Sumpah ma,  mawar nggak bohong ! kalau nggak percaya, mama bisa tanya ke teman-teman mawar 
Ayutitin            : Hmmmm iya, tapi lain kali kamu nggak boleh kayak gitu lagi. Seharusnya kamu sms mama biar mama nggak khawatir... siapa tau aja kamu lambat pulang gara-gara keluyuran..
Mawar              : Itulah ma, makanya saya pengen banget punya handphone kayak teman-teman yang lain,... kan kalau saya telat pulang bisa sms mama dulu biar mama nggak khawatir.
Ayutitin            : Mawarrr..... Apa kamu bilang..?? HANDPHONE...?? Bukannya mama masih kayak jadul tapi HP hanya bisa jadi bumerang buat kamu... HP bisa saja bikin peringkat kamu lebih menurun lagi di sekolah seperti semester lalu... apalagi 1 bulan lagi kamu kan ulangan semester.
Mawar              : Sebenarnya ma saya pengen banget seperti teman-teman saya.. Tapi.....
ayutitin             : nggak  ada tapi-tapian... Ini semua mama lakukan karena mama sayang sama kamu ...  Ayah kamu lagi kerja di luar kota, udah titip pesan sama mama untuk jaga kamu baik-baik. Kamu anak mama satu-satunya, mama nggak ingin terjadi sesuatu sama kamu... Sebagai gantinya, ini buat kamu,... (memberikan jadwal aktivitas harian untuk Mawar)
Mawar              : Jadwal ini untuk apa ma? Kayak anak SD aja.
Ayutitin            : Mama pengen kamu disiplin.. jadwal itu jadi patokan kamu untuk beraktivitas. Awas yah kalau kamu melanggar....
Mawar              : Mama, saya pengen seperti teman-teman saya. Nggak tertekan, ini itu nggak dimarahi. :’(
Ayutitin            : maksudnya kamu pengen jadi tukang keluyuran? Sekali lagi ingat yah, ini semua mama lakuin karena mama pengen liat kamu bahagia nantinya. Dari sekarang kamu harus belajar disiplin. Ini tandanya mama sayang sama kamu.
Mawar              : iya deh ma.
Ayu titin           : sudah,. Makan dulu sana ! mama udah buatin nasi goreng kesukaan kamu
Mawar              :hmmm, tapi ma, mawar dah kenyang, nanti aja deh ma
Ayu titin           : ini nih yang mama jg nggak suka ! dah berapa kali mama bilang, jangan  makan di sekolah ! itu nggak steril buat kesehatan kamu ! jadinya kamu telat makan siang di rumah, nggak baik makan nggak teratur, itu bisa jadi penyakit, kalau kamu sakit, masuk rumah sakit, nggak bisa ke sekolah,  telat ikut belajar, itu akan buat kamu bisa-bisa nggak dapt peringkat di sekolah !
Mawar              : huffffft, iya maaaa!
                            Tiba-tiba terdengar suara ketokan pintu dari depan . Terlihat dua perempuan yang masih berseragam sekolah yang merupakan teman Mawar
 

Kimmy              : Assalamu Alaikum.... (mengetuk pintu)
Ayutitin            : Siapa tuh, mawar , buka pintunya sana... siapa tau aja itu teman kamu....
Mawar              : (berjalan keluar, mendekati pintu) Haii, silakan masuk....
Kimmy dan Afika              : (masuk ke dalam rumah dan duduk di kursi)
Mawar              : Ada apa,...?? Kok kalian masih pake seragam sekolah udah kesini, kita kan janjian kerja tugasnya jam 3. Ini kan masih jam 1....
Afika                  : Maaf yah kalau kedatangan kami mengganggu...
Mawar              : Oh, tidak apa-apa kok,... saya Cuma heran aja,.. memangnya kalian nggak pulang?
Kimmy              : Iyaa, abis pulang dari sekolah tadi kami mampir di supermarket sebentar terus menuju ke sini....
Mawar              : memangnya orang tua kalian nggak nyariin?
Afika                  : Tenang aja deh, kan ada HP... Tinggal sms ke mama aja... pasti dia ngerti deh... ini kan untuk tugas sekolah..
 Mawar             : Bagus ya kalian, seandainya saja saya bisa seperti kalian.
Afika                  : memangnya kenapa?
Mawar              : Hutss, besok aja yah di sekolah saya ceritain, nanti mama saya mendengar semuanya...
Kimmy              : Siipp dah... Besok kamu harus curhat ke kita-kita.... kalau sahabat nggak boleh ada yang di sembunyiin..
Mawar              : Okedeh.... (y) kalau gitu kita kerja tugas aja dulu.


                            Keesokan harinya , ketika sudah tiba disekolah , Mawar sudah disambut dnegan permintaan afika menagih janji Mawar ketika dirumah Mawar.
Mawar              : Selamat pagi teman-teman.... J
Afika                  : Pagi, hmmm... kamu tau nggak... Semalam saya penasaran banget,, apa sih yang pengen kamu ceritain ke kita-kita....
Kimmy              : Bener tuh... Apa ?
Mawar              : Sebenarnya dari dulu saya pengen cerita ma kalian tapi saya malu...
Afika                  : kamu nggak usah malu, cerita aja....
Mawar              : Iya deh, sebenarnya saya iri ma kalian semua... saya iri karena kalian bisa bebas lakuin apa saja tanpa ditekan-tekan oleh mama kalian...
Afika                  : memangnya mama kamu kenapa...??
Mawar              : Mungkin selama ini kalian selalu melihat saya senyum dan tertawa, padahal hati saya selalu sedih,....  Saya tertekan dengan semuanya. Ini itu dilarang oleh mama saya. Seandainya kalian tahu bagaimana posisi saya...
Kimmy              : Mungkin saja mama kamu demikian karena punya alasan tersendiri...
Afika                  : Betul tuh, itu tandanya dia sayang...
Mawar              : Sayang sih iyya tapi saya bukan anak kecil lagi.... yang  mesti diatur ini itu... Saya pengen seperti kalian....
Afika                  : Yang sabar yah !
                           
                            cherly dan christy yang sedari tadi berada tak jauh dari Mawar , afika, dan kimmy tiba-tiba langsung memotong pembicaraan Mawar , afika , kimmy dengan kata-kata yang menyakitkan.
Christy              : heee...Kasian bangett deh loh jadi orang.....
Cherly               : Makanya jangan sok pintar,..... Chris, kamu tau nggak dia tuh dapat peringkat di sekolah ini karena dia PDKT ma guru-guru.... nggak banget yah...
Christy              : Hari gini PDKT, udah bassiii.... (n)
Afika                  : Hentikan ! Kalian seharusnya menghibur mawar  biar dia nggak sedih, bukan malah menambah bebannya.
Cherly               : Apaa..??? Apaaa...??? Menghibur? Saya nggak salah dengar yah?
Christy              : Helloooow,.... Kalian bertiga tuh sama saja,....


                            Marwan yang juga berada tak jauh dari mereka , semulanya tidak memperdulikan mereka . Namun , Marwan yang sudah merasa bahwa cherly dan Christy sudah keterlaluan mecoba untuk mengusir mereka.
Marwan           : Bukannya saya mau ikut campur urusan kalian, tapi kalau mau bertengkar jangan disini.
Cherly               : Nggak kok , dia aja yang nyari masalah. Saya cuma pengen ajak mereka makan di kantin eh malah marah-marah.
Afika                  : Kalian kenapa sih? Sukanya ngarang cerita mulu.
Cherly               : yang ngarang siapa?
Marwan           : Ahh...sudah...sudah.... sebaiknya kamu pergi saja... (menyuruh enceng pergi)


                            Setelah mengusir cherly dan Christy , Marwan kemudian kembali ke tempat duduknya semula . Namun ia tiba-tiba memanggil kimmy , sepertinya ia hendek mengatakan sesuatu.
Kimmy              : Ada apa sih , kok panggil saya? Mau curhat lagi yah, apa kamu punya masalah lagi di OSIS?
Marwan           : nggak , sebenarnya.... emm...kali ini saya pengen curhat bukan masalah OSIS lagi, ini masalah perasaan saya ke seseorang tapi saya malu gimana cara ngungkapinnya.
Kimmy              : Kamu jatuh cinta yah? Hm, ma siapa? Ayoo ngaku, saya penasaran nih. J
Marwan           : Sebenarnya dari dulu saya sayang sama mawar, semenjak saya sering bersama dia di kepengurusan OSIS tahun ini. Kayaknya dia orangnya tulus, polos... yah gimana lah.
Kimmy              : wahh..wah.. bener tuh dia memang orangnya asyik banget...
Marwan           : Ngomong-ngomong, gimana yah cara ngungkapin perasaan saya ke dia? Kamu bisa bantu gak?
Kimmy              : Tapi aku juga belum terlalu yakin sih, palingan dia akan cuek ma kamu soalnya dia punya banyak masalah. Apalagi masalah sama mamanya. Dia tuh orangnya tertekan sekali. Apalagi dirumah. L
Marwan           : Yaudahlah, apapun resikonya saya terima semuanya. Saya yakin, cinta yang indah bukanlah cinta yang tanpa masalah. Saya harus ngungkapin perasaan ini. Bagaimana pun caranya.
Kimmy              : okelah..kalau itu mau kamu. Saya sih setuju-setuju saja.


                            Karena pada dasarnya cherly dan Christy yang selau ingin tahu . Mereka pun memcoba untuk menguping pembicaraan kimmy dan marwan . Namun , hal ini membuat cherly patah hati dengan pernyataan Marwan yang mengatakan bahwa Marwan menykai mawar.
Cherly               : Waahh,, kamu tau nggak,... aku galau banget hari ini.
Christy              : Biasa aja kali, masih banyak cowok yang lebih keren dari Si Marwan ketua OSIS itu.
Cherly               : hmm....jadi gue harus bilang OH gitu.... uuuhhhh.... dari dulu saya sayang banget ma Marwan, eh ternyata dia suka sama si Mawar yang sok pintar itu...
Christy              : woiii, itu rejekinya dia. Relain aja daaah...
Cherly               : Kamu kok kayaknya belain mereka sih? :’(
Christy              : yaudah deh, yang sabar yah J mana senyum manisnya?
Cherly               : J J J
Christy              : nah gitu dong...


                            Tibalah saat acara PENSI , Marwan merasa bahwa ini adalah kesempatan baginya untuk menyampaikan perasaannya pada mawar , melalui lagu yang dia persembahkan untuk mawar.
Asti                     : assalamu alaikum wr wb... Sebelum acara PENSI dimulai, terlebih dahulu kita saksikan persembahan dari ketua OSIS kita.
Marwan           : Terima kasih, pada kesempatan ini saya akan membawakan sebuah lagu spesial untuk seseorang yang saya sayang. Dia ada disisi kita saat ini. (menyanyi)
Mawar              : wah, lagunya keren banget.... Pasti orang yang dia sayang bahagia banget mendengar lagu itu.
Kimmy              : kok nggak tau sih, Itu kan kamu...
Mawar              : haah, kok saya,... kamu nggak usah bercanda deh.
Afika                  : hmm...hmmm,, ada yang lagi bahagia nih.
Kimmy              : Marwan, sini kamu..... jelaskan semuanya sama Mawar.
Marwan           : sebenarnya lagu yang saya bawain tadi, spesial untuk kamu. Dari dulu saya sayang ma kamu, saya pengen banget jadi orang spesial dalam hidupmu. Maaf yah kalau terlalu lancang.
Asti                     : marwan, sini... ada yang penting..
Marwan           : aku pergi dulu yah... aku tunggu jawabannya besok yah.
Afika                  : kimmy,, ada yang baru nih?
Kimmy              : iyaaa tuh , jawab ini dulu yah ...
Mawar              : apaan sih? Tapi sebenarnya saya juga punya perasaan sih sama Marwan tapi kamu tau sendiri kan, bagaimana saya. Saya tertekan, saya dilarang ini itu. Saya nggak boleh pacaran dulu karena kalau mama saya sampai tau, saya bisa-bisa dibunuh.
Afika                  : Jangan sia-siakan kesempatan yang udah didepan mata. Bukannya saya ngajarin kamu yang nggak benar tapi siapa tau aja kamu bisa lebih termotivasi lagi bersama Marwan. Kamu tau kan Mawar anak yang pintar di sekolah ini.
Mawar              : Iya juga sih, tapi gimana yah saya masih takut kalau sampai orang tua saya tau.
Kimmy              : kita janji kok nggak akan bilang ma siapa-siapa. Jadi hal itu Cuma kita berempat yang tahu. Gimana?
Mawar              : jadi, maksud kalian sembunyi-sembunyi yah?
Afika                  : iyaa, lucu juga,,, hahahahaa.... :D
Mawar              : Iya, siplah kalau gitu.. tapi ingat jangan sampai ada yang jadi ember bocor,..


                            Bukan Cherly dan Christy namanya , jika ia tidak mengetahui semuanya , hingga timbul niat jahatnya untuk memberitahukan berita pacaran Marwan dan Mawar pada mama Mawar , Ayutitin.
Christy              : wah....ternyata sekarang marwan ma mawar  udah pacaran yah?
Cherly               : bikin sakit hati saja deh,,, uhh perih... L
Christy              : cemburu yah?
Cherly               : kok tau,, hmm, aku bakal laporin tuh Mawar sama mamanya biar tau rasa.
Christy              : idee cemerlang.....


                            Ternyata Cherly dan Christy betul-betul melaporkan berita itu pada mama mawar . Mama mawar yang kaget dengan berita itu tanpa pikir panjang , ia langsung ke sekolah untuk melihat bukti drai perkataan Cherly dan Christy.
Christy              :ihhh, tante ayu  makin cantik aja deh
Ayu titin           :ahh, kalian ini bisa aja, hmmm kalian mau ketemu sama mawar yah? Kebetulan mawar nya belum datang .
Christy              :justru itu tante, kami kesini buat ngasih tau tante, kalau si mawar telat pulang gara-gara........
Ayu titin           : gara-gara apa? Ayo kasi tau tante !
Cherly               : Sebaiknya tante ikut kami deh ke sekolah,  tante harus liat dengan mata kepala tante sendiri kalau mawar  tuh sudah punya pacar, makanya selalu telat pulang ke rumah.
Ayutitin            : Appaaaa...??? pacarrrrrr????? Ayo cepat temani tante....


                            Sontak , Mama mawar yang kaget melihat kejadian itu , memarahi mawar yang sedang kedapatan sedang berdua dengan Marwan , padahal saat itu mereka hendak mengerjakan tugas bersama dan  juga mereka tidak berdua , ada kimmy dan afika , namun saat itu mereka sedang ke toilet .
Ayutitin            : Oh...jadi gitu yaaaaaaah... ini yang kamu lakuin dibelakang mama sehingga sering telat pulang. Siapa lelaki di dekat kamu itu?
Marwan           : perkenalkan tante, saya temannya mawar
Ayutitin            : temaaan apa temaan..... saya tahu kok kalau kamu pacar mawar, saya sudah tahu semuanya jadi kalian nggak usah bohong !
Mawar              : Maafin mawar  ma, saya memang salah.
Marwan           : Bukan mawar yang salah kok tante, tapi saya. Saya yang terlalu memaksakan perasaan saya.
Ayutitin            : Alasan ... pokoknya kalau sampai nilai kamu terbukti menurun pas penerimaan rapor nanti, awass yah! Kamu bakal dapat hukuman dari mama. Mama sudah ngelarang, eh masih saja bertingkah. :@
Mawar              : Iya  ma, dan saya yakin nilai saya pati akan meningkat. Jujur ma, saya pacaran bukan untuk membawanya ke hal negatif tapi dengan itu saya bisa termotivasi untuk belajar,. Saya sudah belajar banyak dari dia karena dia juga murid yang pintar di sekolah ini.
Ayutitin            : Oke,... kalau memang itu benar, ya tidak apalah tapi kalau terbukti yang kamu katakan salah tunggu akibatnya.
                Ternyata gita benar-benar membuktikan kata-katanya. Sebulan demikian mawar menerima rapornya dengan peringkat satu.Hal ini membuktikan bahwa pacaran tak harus mengorbankan pelajaran.
                                                                                      
Mawar              : Assalamualaikum ma, saya datang........ ini rapor saya, coba liat deh saya peringkat satu kan?
Kimmy              : Tante, sekarang mawar udah diizinin pacaran kan?
Mawar              : Benar kan ma, saya lebih termotivasi dengan semuanya.
Ayutitin            : Iya deh karena mama sudah terlanjur janji, mama ngizinin asal untuk motivasi belajar. Gak lebih gak kurang. Ok? (sambil tersenyum) J
Marwan           : Makasih tante,.....
Ayutitin            : Tapi ingat yah pesan mama selalu dan yang terpenting jangan suka keluyuran yah, itu gak baik.
Mawar              : Iya, ok ma. J
Kimmy, Afika  : Hmm...hmm...hmm... oh iya tante, kami permisi dulu ya, hmm mawar, saya, marwan dan kimmy nunggu kamu di luar yah.
Mawar              : iya,  saya ganti pakaian dulu
Ayu titin           :mawar , kamu itu mau kemana ? Kamu mau keluyuran lagi sama teman-teman kamu itu? Barusan mama udah kasi tau kamu, jangan suka keluyuran !
Mawar              :tapi ini bukan keluyuran mama, mawar hanya ingin rayain keberhasilan mawar sama teman-teman buat jalan-jalan bareng
Ayu titin           :terus? Jalan-jalan tanpa  tujuan yang  jelas sama teman-teman ? itu namanya keluyuran mawar ! pokoknya mama gak akan izinin kamu, udah syukur kamu mama ijinin pacaran sama marwan, jangan banyak permintaan lagi ! kamu itu seharusnya tinggal di rumah buat belajar , agar peringkat kamu gak turun lagi!
Mawar              : tapi ma, mawar kan hanya........
Ayu titin           :udah ! masuk kamar sekarang ! mama mau istirahat!
Karena mawar sangat ingin pergi jalan-jalan bersama marwan, kimmy dan afika, dia pun berfikir untuk kabur dari rumah saat mama ayu titin beristirahat di kamarnya, tapi sialnya, mawar mengalami kecelakaan saat dia keluar dari rumah (bunyi benturan)
Ayu titin           :astaga, suara teriakan siapa itu ? mawaaaaaaaaaaaaaaar.........
Marwan           :mawaaaar, jangan tinggalin aku laaaaaaah....
Ayu titin           :kenapa kalian diam begitu saja? Ayo cepat cari ambulance!
Sesampainya di rumah sakit, dokter menerangkan pada mama ayu bahwa mawar menderita lumpuh total, mendengar hal itu, mama dan teman-teman mawar sangat shock
Ayu titin           :ini semua gara-gara kamu! Kalau saja kamu tidak ngajak mawar buat jalan-jalan, ini semua gak akan terjadi !
Afika                  :tante gak boleh salahin marwan begitu aja, ini semua juga salah tante! Kalau saja mawar tante ijinin keluar dengan kami, pasti mawar gak akan milih buat kabur, dan pastinya kecelakaan itu gak akan terjadi!
Mawar              :maaa, apa yang terjadi sama mawar? Knapa kaki mawar gak bisa di gerakin?
Ayu titin           :maafkan mama sayang, ini semua salah mama, mama selama ini terlalu menekan kamu, mama gak pernah kasi kamu kebebasan sedikit pun, kalau saya mama ijinin kamu tadi, pasti semuanya gak akan  terjadi, maafkan mama sayangggggggggggggggggggggggg :’(
Mawar              :tidaaaaaaak, pasti semua teman-teman gak ada lagi yang mau temenan sama mawar, mamaaaaa, mawar sekarang harus bagaimana?
Marwan           :tenang mawar, di sini masih ada saya, afika dan kimmy yang akan selalu ada buat kamu, kami semua selalu sayang sama kamu, apapun yang terjadi
Christy              :iya mawar, saya dan cherly juga akan ada buat kamu
Cherly               :hmmm, maafkan kesalahan kita selama ini yah, kami sekarang sadar kalau kami itu salah, sekarang kamu mau kan jadi teman kami?
Mawar              :makasih semuanya, makasih karena kalian semua sayang sama saya, dan masih mau berada di samping saya
Ayu titin           :sayang, apapun mama akan lakukan demi kamu, mama ingin melihat kamu tersenyum, mama sadar kalau selama ini cara mama salah dalam mendidik kamu, ini malah menjadikan kamu korban dari rasa egois mama, maafkan mama sayang, mama akan berusaha jadi seorang mama yang kamu inginkan
Mawar              :makasih mamaaaaaaaaaaaaa   :’(
------------------------------------------------------------THE END--------------------------------------      

0 komentar

Post a Comment

komentar anda sangat berharga