Monday, December 17, 2012

Materi Bahasa Indonesia

SK: 1   Mendengarkan.
KD: 1.2  Merangkum isi pembicaraan  dalam wawancara.
INDIKATOR:
_Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara ( siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai serta apa isi pembicaraannya ).
_Merangkum isi pembicaraan dalam beberapa kalimat.
_Menyampaikan ( secara lisan ) isi rangkuman kepada teman-teman.


TUGAS!!!
1.      Tentukan tema percakapan, pelaku wawancara, dan isi wawancara !
·        Tema : Keadaan Sungai Musi.
·        Pelaku :
_ Narasumber( Eko Prianto )
_ Pewawancara( Wartawan )
·        Isi : Penelitian tentang keberadaan ikan di Sungai Musi yang populasinya mulai menurun sehimgga perlu pemulihan Sungai Musi.



2.      Rangkuman !
Riset tentang keberadaan ikan di Sungai Musi dilakukan pada pertengahan tahun 2006 karena di temukan habitat ikan hiu di bawah Jembatan Ampera yang menandakan tingkat penurunan muka air Sungai Musi saat musim kemarau sehingga air laut mampu bergerak masuk hingga mencapai 80_an km. Hasil penelitian hingga akhir tahun 2007 di Sungai Musi hidup 230 jenis ikan air tawar yang semakin langka sehingga terjadinya keseimbangan ekosisitem perairan.
            Menurut Eko Prianto, Sungai Musi sangat menarik dan menantang. Menarik karena melewati 2 provinsi yakni Bengkulu dan Sumatera Selatan, membelah wilayah Sumatera Selatan, memiliki 9 anak sungai yang lebarnya tidak berbeda dengan sungai induk, sedangkan menantang karena dijadikan sebagai sumber kehidupan masyarakat, dan kini menghadapi   masalah lingkungan sehingga perlu dilakukan pemulihan yang melibatkan semua pihak agar degradasi Sungai Musi tidak akn bertambah parah.

0 komentar

Post a Comment

komentar anda sangat berharga