Thursday, January 17, 2013

cerpen remaja

                                                                                                                                                
PLAYBOY INSAF
Riko merupakan salah satu murid baru dia seorang cowok ganteng, cool, pintar, keren, sedikit dewasa, romantis, cowok yang paling terkenal disekolahnya dan anak guru dan hampir semua kelas mengenalnya. Dia sekolah di SMA PELITA dan Riko merupakan salah satu cowok playboy disekolahnya karena disetiap SMA minimal dia mempunyai satu cewek dan disekolahnya,Riko juga mempunyai beberapa cewek namun,ceweknya tersebut beda – beda kelas.

Sampai suatu hari Riko bertemu dengan seorang cewek dan dia pun mengaguminya. Setiap hari Riko mencoba mendekati cewek itu dengan merayunya dan berkata “ hey  Manis Mau kah kamu jadi kekasihku karena kamu bagaikan belahan jiwaku dan separuh nafasku seakan aku tidak bisa hidup tanpa cintamu” Namun,usahanya itu selalu saja gagal karena cewek tersebut sangat cuek dan sudah mengetahui bahwa Riko adalah playboy.
Dan sampai suatu ketika cewek tersebut yang ternyata bernama Sinta berpikir untuk memberikan pelajaran kepada Riko dengan cara menerima cintanya. karena ternyata Sinta juga mempunyai seorang kekasih yang berasal dari sekolah lain.Namun,Riko tidak mengetahui hal tersebut. Setelah beberapa minggu mereka menjalani hubungan dengan bahagia. Dan tiba-tiba ada sebuah pengumuman dari kepsek bahwa akan diadakan camping untuk anak PMR yang rencananya akan bermalam tiga hari tiga malam dan akan berangkat nanti sore. Riko dan Sinta pun pulang kerumahnya untuk mempersiapkan barang-barangya karena mereka merupakan anak PMR.
Mereka pun berangkat dengan menggunakan Bus. Diacara camping tersebut hubungan Riko dan Sinta semakin dekat. Dan sampai suatu ketika Riko ingin menemui Sinta ketendanya.Namun,ternyata disana tidak ada Sinta melainkan hanya sahabat Sinta,Riko mencoba menanyakan hal-hal tentang sinta kepada sahabatnya  yang belum Riko ketahui dan disitulah terjadi percakapan yang cukup lama anatara Riko dan Dinda(sahabat Sinta) dan ditengah percakapan mereka, tiba-tiba Riko meminnta Handpone Sinta kepada Dinda karena Riko tau bahwa Sinta tidak membawa Handpone. Awalnya Dinda tidak ingin memberikan Hp tersebut kepada Riko.Namun,karena Riko yang terus menerus memohon kepada Dinda,akhirnya Dindapun memberikan Hp tersebut.
Disitulah awal Riko mengetahui bahwa cewek yang ternyata ia percaya selama ini tidak seperti cewek-cewek yang lain ternyata salah,bahkan sifatnya sama Sinta juga punya kekasih yang lain selain dirinya.Rikopun kembali ketendanya dengan perasaan yang sedih dan sangat kesal.
 Riko tak pernah lagi menemui Sinta sampai akhirnya acara camping tersebut selesai. Hari demi hari hubungan Riko dan Sintapun mulai Renggang. Sinta yang tidak mengetahui hal tersebut hanya diam terhadap Riko. Sinta tidak tau harus menjelaskan apa kepada Riko. Beberapa menit kemudian tiba-tiba ada seorang cowok yang datang ke kelas Sinta dan ternyata cowok tersebut melainkan adalah Riko. Sinta kaget akan kedatangan Riko kekelasnya karena dia pikir Riko tidak ingin lagi menemuinya.
Sintapun keluar menemui Riko. Setelah beberapa menit tidak ada yang mau memulai pembicaraan, Sintapun langsung berkata
“Ko aku mau putus!!” dan dengan emosinya Rikopun langsung menerima kata yang dilontarkan oleh sinta.
“ok,Fine,lagian aku bisa dapat cewek yang jauh lebih cantk,dan baik tidak seperti kamu.”Rikopun berlalu begitu saja.
Sewaktu pulang sekolah Riko hanya bisa merenungkan masa-masa indahnya ketika bersama Sinta. Dan muncullah dibenak Riko bahwa ternyata bukan hanya Sinta yang salah sama dia melainkan dia juga salah kepada Sinta. Disitulah Riko menghubungi semua kekasihnya dan memutuskannya satu-persatu dan Rikopun mencoba menghubungi sinta untuk bertemu karena Riko ingin minta maaf kepada Sinta.
Namun,sewaktu dia menghubungi Sinta tetap saja tidak bisa tapi Riko tetap ingin bertemu dengan Sinta.Sampe akhirnya,Riko menanyakan keberadaan Sinta pada teman-temannya  dan berhasil mengetahui dimana Sinta berada. Dan Riko pun Langsung menemui Sinta. Tiba-tiba Sinta kaget akan kedatangan Riko.
Dan Sintapun bertanya kepada Riko ada apa dengan kedatangannya. Sin kedatangan aku kesisni ingin mencurahkan seluruh isi hatiku kepadamu
Riko berkata “ Aku ingin meminta maaf padamu,ku akui aku memang salah karena terlalu egois dengan semua ini.da aku ingin kita seperti dulu lagi? Sambil bersujud di depan Sinta
Sintapun berkata “stop ko,aku tidak ingin membahasnya lagi dan aku sudah mememaafkanmu tapi aku tidak bisa kembali lagi kepadamu seperti yang dulu”
Rikopun bertanya “kenapa!!padahal aku sudah setia kepadamu.buktinyaa aku sudah memutuskan semua pacar-pacar aku demi kamu Sin,apa aku punya salah lagi sama kamu?”
“Tidak,kamu tidak punya salah apa-apa sama aku,tapi aku hanya tidak suka saja dengan cara kamu yang hanya mempermainkan wanita,wanita juga punya harga diri Ko,bukan hanya untuk dipermainkan,coba kamu pikir bagaimana kalau kamu yang berada diposisi mereka ”? pasti kamu juga akan merasakan hal yang sama dan sebaiknya kita berteman saja dan menjalani hidup sendiri-sendiri..? Dan Riko pun berkata “ baiklah Sin kalo itu mau mu aku akan turutin semuanya.? Dan aku berjanji tidak akan mengulanginya lagi.
Riko pun pulang dengan rasa kecewa dan menyesali perbuatannya itu dan dia sadar bahwa dengan perbuatannya itu dapat menyakiti hati orang lain tanpa iya sadari.


Unsur – unsur intrinsik
1.      Tema : Percintaan
2.      Alur : Maju
3.      Latar : - Waktu:
-  Tempat: ,Sekolah,kelas
-  Suasana:bahagia,kesal,sedih
4.      Tokoh/penokohan
-        Riko: cowok playboy tapi akhirnya insaf
-        Sinta: cwek yang dikagumi Riko dan Baik hati
-        Dinda: sahabat Sinta dan baik hati
5.      Gaya bahasa
-       Hiperbola : kamu bagaikan belahan  jiwaku dan separuh nafasku seakan aku tidak bisa hidup tanpa cintamu
6.      Amanat
-          Jangan selalu menyakiti perempuan karna kamu terlahir dari rahim seorang perempuan
-       Jangan pernah meremehkan seseorang hanya karena kamu merasa lebih baik dari dia karena setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan pada dirinya yang tidak bisa kita ketahui
7.      Sudut pandang : orang ketiga
8.      Konflik :
-          Pada saat Sinta menerima Riko yang playboy tapi ternyata dia juga mempunyai seorang kekasih
-          ketika Riko berusaha meminta maaf kepada Sinta dan mengajaknya  agar tetap bersama seperti dulu lagi namun sinta tidak bisa menerimanya kembali tapi dia hanya memaafkannya saja

Unsur – unsur ekstrinsik
-          Nilai budaya : pada saat cowok itu selalu mempermainkan wanita
-          Nilai Moral : - yang dapat kita petik dari cerpen ini yaitu jangan pernah mempermainkan perasaan seseorang,karena cepat atau lambat suatu saat kita pasti akan dipermainkan
-          Cowok tidak boleh seenaknya mempermainkan perasaan cewek karena suatu saat pasti dapat balasannya
-          Jangan pernah mempermainkan perasaan orang lain
-          Kita tidak boleh mempermainkan cewek karena suatu saat kita bisa saja benar-benar mencintai orang itu
-          Janganlah selalu mempermainkan perasaan orang lain jika kamu juga tidak ingin dipermainkan

3 komentar:

  1. thx :) kunjungi ya nursetyo13.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. keren gan cerpennya, ane baca dari awal sampe akhir menarik semua :)), cocok buat presentasi bahasa indonesia nih hehehehe :D

    ReplyDelete

komentar anda sangat berharga