Sunday, January 20, 2013

Menyambut "Maulid Nabi Muhammad SAW" 12 Rabiul awal 1434 H


Maulid adalah salah satu hari besar agama islam tepatnya tanggal 24 Januari 2013 nanti. Maulid atau peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW diadakan setiap tanggal 12 Rabiul awal. Biasanya maulid identk dengan yang namanya "pohon telur". Dan juga banyak sekolah yang merayakan maulid dengan
berbagai acara seperti mengundang ustadz terkemuka untuk berceramah dan ada juga yang merayakan dengan diskusi agama atau hanya pengajian bersama saja.
Mungkin kita pernah bertanya-tanya, mengapa setiap maulid selalu ada pohon telur>????????
Hal ini saya pernah saya tanyakan ke beberapa ustadz... dan penafsiran mereka berbeda. Ada yang menganggap bahwa telur itu terdiri dari kulit, putih telur dan kuningnya. Kulit telur diartikan sebagai Iman, sedangkan putih telur diartikan suci dan kuning telur diartikan sebagai ketaqwaan. Dan ada juga yang beranggapan bahwa Telur yang menancap di pohon pisang itu berarti sebuah keteguhan yang harus dimiliki oleh setiap kaum muslim.
Banyak juga orang yang menyambut Maulid dengan mengadakan kegiatan sosial seperti penggalngan dana untuk membantu anak-anak yatim piatu. Sebagai seorang muslim yang baik tentunya akan menyambut maulid ini dengan penuh suka cita, namun tak ayal maulid hanya dijadikan peringatan saja dan tidak ada makna yang di dapat didalamnya.
sekian dulu postingan saya!!!! Semoga kita dapat memetik hikmah dari maulid tahun ini.

0 komentar

Post a Comment

komentar anda sangat berharga