Saturday, March 29, 2014

Perang Browser

http://muhnoviyanto.blogspot.com/Kalau Anda pengguna sistem operasi Microsoft Windows, tentu saja sudah akrab dengan yang namannya browser IE, sedangkan bagi Anda pengguna sistem operasi Mac, tentu akan akrab dengan browser Safari.
Walaupun pada awalnya browser Safari hanya bisa dijalankan pada sistem operasi Mac, namun seiring berjalannya waktu, browser ini bisa juga digunakan oleh pengguna sistem operasi Microsoft Windows.
Hal ini tentu saja sebagai upaya Apple Inc memperkenalkan berbagai produk besutan mereka, salah satu di antaranya browser. Walaupun terbilang sebagai browser yang masih minim fitur, namun untuk browsing secara umum Anda bisa menggunakannya dengan baik. Fitur yang menarik yang ada pada browser ini adalah halaman Top Sites, dimana berisi shortcut (thumbnail) dari situs-situs populer, seperti Apple, Yahoo, GoogleMaps, YouTube, Wikipedia, CNN, eBay, The New York Times, Amazon, Flickr, CNET(download.com) dan Expedia.Untuk urusan browsing, browser Safari terbilang masih lancar dalam
mengakses halaman website. Browser Safari juga lulus dalam pengujian Acid3.

  • Sejarah Browser Safari
Safari merupakan browser yang dibuat Apple Inc. Pada awalnya, browser ini ditujukan untuk pengguna sistem operasi Mac OS (Macinthosh). Sama seperti Microsoft yang membundel Internet Explorer dalam sistem operasinya, browser Safari juga dibundel bersama Mac OS X dan merupakan browser default di sistem operasi tersebut sejak Mac OS v10.3. Sebelum itu, yang menjadi browser default adalah Internet
Explorer for Mac (tahun 1997 sampai 2003). Versi beta browser Safari untuk Windows diperkenalkan pada Konferensi Pengembang Sedunia Apple di San Fransisco pada 10 Juni 2007. Hingga saat ini, Safari bisa
digunakan pada sistem operasi Windows. Namun demikian, Safari relatif belum dikenal dan digunakan pengguna Windows. Hal ini dapat dimaklumi karena pengembangan browser Safari memang lebih difokuskan untuk pengguna Mac OS.

  • Kelebihan dan Kekurangan Browser Safari
Seperti browser pada umumnya, Safari menyediakan fitur standar yang biasanya dimiliki sebuah web browser, misalnya tabbed browsing,integrated search, download manager atau bookmark/private. Kelebihan
fitur Safari dibandingkan browser yang lain adalah:
1.Top Sites
Fitur Top Sites akan menampilkan website yang sering dikunjungi dalam satu jendela. Website yang ditampilkan seolah-olah tertempel pada sebuah dinding. Tampilan thumbnail website akan memudahkan pengguna untuk membuka website hanya dengan sebuah klik mouse.
2. Cover Flow
Fitur ini digunakan untuk menampilkan website pada bookmark dan history dengan tampilan seperti album art pada ITunes. Anda dapat memilih dan membuka website pada bookmark dan history dengan lebih mudah dan lebih cepat, karena website ditampilkan dalam bentuk preview dalam ukuran yang cukup besar.
3.Full History Search
Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mencari teks tidak hanya dalam halaman website yang aktif. Anda dapat mencari teks pada seluruh website yang pernah Anda kunjungi.
Secara keseluruhan, browser Safari ini memang terbilang masih miskin fitur, tidak ada fitur yang menonjol jika dibandingkan dengan browser lainnya. Berikut beberapa kekurangan yang ada pada browser Safari.
1. Browser ini belum menyediakan add-ons/plugin/widgets yang bisadigunakan untuk menjadikan browser ini lebih lengkap.
2. Tampilannya tidak bisa diubah, sepertinya Safari mempertahankan tampilan aslinya.
3. Untuk me-load halaman website terasa lama.
4. Belum mendukung bahasa Indonesia. Tapi untuk hanya sekadar browsing saja, masih tetap nyaman untuk
digunakan.
  •  Informasi Browser Safari
Vendor: Apple Inc.
Lisensi: Freeware.
Dukungan sistem operasi: Windows (XP, Vista, Windows 7) dan Mac Os.
Versi terakhir: 4.0.5 (pada saat buku ini ditulis).
  • Menginstal Browser Safari
Dalam pembahasan buku ini, penulis menggunakan Safari versi 4.0.5untuk sistem operasi Windows XP, Windows Vista dan Windows 7. Fitur Top Sites dan Cover Flow membutuhkan video card 64 MB yang
mendukung DirectX 9.0. Browser Safari bisa Anda unduh melalui situs http://www.apple.com/safari/download/,
Kotak dialog instalasi Safari
4. Klik tombol Next. Muncul kotak dialog Licence Agreement. Bacalah persyaratan penggunaan browser Safari. Jika Anda menyetujui dan ingin melanjutkan proses instalasi, beri tanda ceklist pada pilihan I accept the terms in the license agreement.
5. Klik tombol Next. Muncul kotak dialog Installation Options. Biarkan semua pilihan dalam keadaan terceklist.
6. Klik tombol Install. Proses instalasi Safari kemudian akan berjalan.
7. Jika proses instalasi Safari sudah selesai, muncul kotak dialog seperti
pada . Hilangkan tanda ceklist pada pilihan Open Safari
after rhe installer exits kemudian tekan tombol Finish.Proses instalasi Safari selesai
  •  Menggunakan Browser Safari
Pengguna internet yang sudah terbiasa menggunakan internet seringkali tidak menemui kesulitan ketika mencoba browser Safari untuk pertama kali. Untuk itu itu penulis akan membahas langkah-langkah dalam
penggunaan browser Safari secara umum.
  • Mengakses Website Secara Umum
Cara penggunaan browser Safari pada prinsipnya sama dengan browser pada umumnya. Pengguna kemungkinan juga tidak akan kesulitan menggunakan fitur Safari yang tidak tersedia dalam web browser lain, karena Safari mempunyai tampilan yang sangat user friendly.
1. Untuk menjalankan browser Safari klik Start > Program/All Programs > Safari > Safari. Muncul kotak dialo.
7. Beri tanda ceklist pada pilihan Always perform this check untuk menjadikan safari sebagai browser utama. Klik tombol Yes.
8. Menu Bar dan Tab Bar secara default tidak ditampilkan dalam browser Safari. Klik tombol Display a menu of general Safari settings kemudian pilih menu Show Menu Bar untuk menampilkan Menu Bar. Untuk menampilkan Tab Bar, klik tombol . Pilih menu Show Tab Bar.
9. Untuk menambahkan tab baru, tekan kombinasi tombol Ctrl+T pada keyboard atau klik tombol Display a menu for the current page kemudian pilih menu New Tab. Anda juga dapat menambahkan tab baru dengan cara mengklik tombol yang terletak di sebelah kanan Tab Bar.
10. Ketikkan alamat URL pada kotak isian Address Bar untuk membuka halaman website yang Anda inginkan. Jika ada teks yang sama dengan alamat URL yang pernah Anda masukkan, maka alamat URL
tersebut akan ditampilkan. Alamat URL yang sudah cukup banyak akan dikelompokkan ke dalam kategori Top Hit (website yang sering dikunjungi) dan History (website yang pernah dikunjungi).


2 komentar:

komentar anda sangat berharga