Tuesday, April 1, 2014

Sesuatu yang belum anda ketahui di "Internet"


Internet sudah digandrungi banyak pemakai sistem   komputer, termasuk pemakai telepon selular. Begitu populernya membuat seluruh penyelenggara jaringan komunikasi telepon menawarkan koneksi internet dengan biaya murah dan bervariasi. Jika jarang mengambil data/informasi melalui jaringan internet, sebaiknya memilih paket dengan batasan (quota) jumlah KB/MB/ GB atau waktu pakai tertentu. Misalnya, Speedy dari Telkom. Jika sering mengambil data/informasi dari jaringan internet, sebaiknya memilih paket tanpa batas (unlimited) jumlah dan jam pakai. Contohnya, Fastnet dari First Media.

Bukan itu saja, bahkan pemerintahan juga menggunakan jaringan internet untuk menyebarkan paket buku sekolah. Hampir seluruh stasiun TV juga menyebar berita melalui situsnya. Penerbit koran/majalah/buku juga menyertakan jaringan internet sebagai media iklan, informasi, hiburan, dan lain sebagainya.

Pada saat ini, kaum muda sedang menggandrungi sarana komunikasi sosial, seperti Facebook. Baik sekadar mencari teman, menjalin suatu hubungan yang lebih serius, dan lain sebagainya. Bahkan banyak yang menggunakannya sebagai media bisnis pula. Jaringan internet juga memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan teman lainnya. Melalui Yahoo! Mail, Anda dapat menerima/mengirim surat elektronik (email) dari/ke teman lainnya. Anda juga dapat mengobrol dengan teman sedunia melalui Yahoo! Messenger. Selain mengobrol, Anda juga dapat berbicara sambil bertatap muka (video call).

Bagi yang ingin mencari teman atau pasangan hidup, Anda dapat memanfaatkan situs penyelenggara komunikasi sosial sedunia. Misalnya, situs Date- InAsia, Facebook, Flixster, Tagged, Match, MySpace, Twitter, dan lain sebagainya. Selain dapat mencari teman yang diinginkan secara mudah, sarana penunjangnya juga melimpah.

Untuk dapat berkomunikasi melalui jaringan internet, Anda harus menyediakan peralatan hardware (fisik) dan software (pengatur peralatan fisik) tertentu. Setelah peralatan terpasang, Anda siap terhubung dengan jaringan internet untuk berbagai kebutuhan. Terhubung dengan jaringan internet berarti Anda membuka diri terhadap dunia luas. Selain mendapatkan berbagai data/informasi secara mudah dan cepat, sistem komputer Anda juga menjadi rawan terhadap berbagai penyusupan/ serangan beragam program perusak (virus/trojan), program mata-mata (spyware), situs penipuan (phising), tebaran iklan-iklan yang tidak diinginkan (spam), dan lain sebagainya. Agar terhindar dari berbagai risiko buruk, Anda harus memasang utility Internet Security tertentu. Untuk menjelajah dunia maya (jaringan internet), Anda memerlukan utility browser. Pada saat ini terdapat beberapa utility browser yang populer. Misalnya utility Opera, Safari, Mozilla Firefox atau Internet Explorer dari sistem operasi Windows. Pada saat buku ini dibuat, yang paling populer masih
dipegang oleh utility Mozilla Firefox. Ketika memakai jaringan internet, kita juga dapat menjelajahi jaringan P2P (Peer to Peer). Jaringan P2P yang diatur melalui protokol Torrent tertentu, memiliki harta (software/musik/film/ebook/emagazine/ … dan lain sebagainya) yang berlimpah dan banyak tersebar racun (virus/spyware/trojan/ … dan lain sebagainya) mematikan. Untuk itu, diperlukan pengalaman tersendiri agar dapat menikmati harta tanpa keracunan.

Sebelum dapat memakai jaringan internet, Anda harus menghubungkan sistem komputer dengan penyelenggaranya (internet provider). Untuk itu, Anda harus menghubungi penyelenggara jaringan internet yang bersangkutan untuk mengetahui apa saja yang diperlukan. Misalnya, alat penghubung (modem) yang digunakan, pengaturannya serta biaya koneksi yang diperlukan. Umumnya penyelenggara menjual modem yang diperlukan untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan internet.

2 komentar:

  1. Boleh minta nomor kontaknya mas? Terima kasih :)

    ReplyDelete

komentar anda sangat berharga